Tips Memilih Ban Yang Baik Untuk Motor Anda



Sebagai seorang pengguna sepeda motor sudah tentu Anda harus memperhatikan kondisi motor yang Anda gunakan mulai dari mesin hingga ban yang digunakan oleh motor. Pada keadaan di Indonesia yang beriklim tropis dan cenderung memiliki curah hujan yang tinggi, ban motor yang Anda gunakan sangat memegang peranan penting untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan Anda ketika berkendara. Banyak orang yang menyepelekan ketika memilih ban untuk digunakan pada motor mereka. Padahal salah dalam memilih ban dapat mengakibatkan kecelakaan, tidak nyaman, dan ternyata berpengaruh pula pada bahan bakar yang boros karena ban yang yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi dan ukurannya.



Berikut inagurasi sampaikan tips untuk memilih ban sepeda motor yang cocok untuk motor Anda. 

1. Pilih Merk yang Terbukti Kualitasnya






Merk memang bukan segalanya, tetapi setidaknya dengan merk yang sudah terkenal dan terbukti kualitasnya yang bagus maka Anda dapat merasa tenang ketika menggunakan ban tersebut. Biasanya produsen ban bermerk sudah memiliki standar untuk produknya sehingga sudah tentu produk bannya memiliki kualitas yang bagus.



2. Desain Kembangan Ban





Jangan memilih ban dari desain kembang atau alur air yang menurut Anda keren atau menarik. Karena fungsi dari desain kembangan ban ini memiliki fungsinya tersendiri. Untuk jalan yang cenderung sering terkena hujan atau basah makan pilih ban yang memiliki desain kembangan yang banyak, sedangkan untuk kondisi jalan yang cenderung panas maka pilih ban yang memiliki desain kembangan yang sedikit.



3. Sesuaikan Ban dengan Kebutuhan





Ketika memilih ban untuk Anda gunakan pada motor Anda, maka sesuaikanlah spesifikasi ban dengan kebutuhan Anda. Misalnya tentu tidak mungkin Anda menggunakan ban untuk racing yang cenderung tidak beralur atau tidak memiliki kembangan ban di jalan raya dengan beragam kondisi serta tidak semulus track racing. Selain itu perhatikan pula kadaluwarsa ban tersebut, produksi ban lokal biasanya berkisar 1,5-2 tahun dan produksi ban import umumnya bisa di atas 2 tahun.



4. Pilih Ukuran Ban yang Sesuai





Ketika memilih ban untuk motor Anda usahakan agar ukuran ban sesuai dengan spesifikasi motor yang Anda gunakan. Jangan gunakan ukuran ban yang kecil untuk motor besar seperti tipe sport begitupun sebaliknya, hal ini tentunya akan mempengaruhi performa dari kendaraan yang Anda miliki.



Biasanya untuk motor produksi tahun 2009 ke bawah menggunakan ban berukuran 70/90 dan 80/90 untuk motor bebek sedangkan untuk matic dan sport menggunakan ban berukuran 80/90 dan 90/90. Lalu untuk motor produksi di atas 2010 biasanya telah disesuaikan oleh pabrikan.



Selain itu perhatikan pula dimensi ban yang akan Anda beli dan gunakan pada motor Anda. Misalkan ada sebuah ban dengan keterangan 205/55/ZR16, maka arti dari keterangan tersebut yaitu 205 = lebar telapak ban (mm), 55 = aspek rasio ketebalan ban (%) dari telapak ban, ZR = kode limit kecepatan, 16 = diameter velg (inchi).



5. Tahun Pembuatan Ban





Ketika pertama membeli ban baru yang Anda perlu cermati yaitu tahun pembuatan ban tersebut. Usahakan ketika akan membeli ban baru, ban tersebut jangan lebih dari 6 12 bulan dari tahun pembuatannya. Sebagai contoh misalnya terdapat ban dengan kode 1012, angka 10 merupakan minggu ke- ban tersebut dibuat dan angka 12 itu merupakan tahun pembuatan. 


0 komentar:

Copyright © 2013. BloggerSpice.com - All Rights Reserved
Customized by: MohammadFazle Rabbi | Powered by: BS
Designed by: Tilabs